INSTRUMEN
PENILAIAN/VALIDASI BIDANG SOAL
Identitas responden :
Nama validator :
Asal instansi :
Sehubungan
dengan penelitian
yang kami lakukan dengan judul “..........” maka kami meminta kesediaan Ibu meluangkan waktu untuk mengisi instrumen penilaian yang disediakan dibawah ini, dengan cara membubuhkan tanda checklist (√) pada salah satu kolom
pilihan jawaban yang tersedia.
Adapun penjelasan pada setiap skala
adalah sebagai berikut.
Validasi Penilaian
Ahli Materi dan
Konstruk |
|
||||||
No |
Kriteria
Penilaian |
Skala Penilaian |
|
||||
1 |
2 |
3 |
4 |
|
|||
1.
|
Penyususnan soal sesuai dengan konten, konteks, dan proses kognitif |
|
|
|
|
|
|
2.
|
Isi Soal maupun teks pada soal tidak bersifat
SARAPPPTK
(Suku/Agama/Ras/Antargolongan/Pornografi/Politik/Propaganda/Kekerasan) |
|
|
|
|
|
|
3.
|
Pilihan jawaban homogen dan
logis ditinjau dari segi materi |
|
|
|
|
|
|
4.
|
Jenis pertanyaan mampu mengungkapkan
informasi penting dari materi |
|
|
|
|
|
|
5.
|
Butir
soal tidak bergantung pada jawaban soal lain |
|
|
|
|
|
|
6.
|
Ketepatan
alternatif jawaban yang benar |
|
|
|
|
|
|
7.
|
Soal
sudah memenuhi kategori
HOTS |
|
|
|
|
|
|
8.
|
Pokok soal dirumuskan secara
jelas dan tegas |
|
|
|
|
|
|
9.
|
Adanya petunjuk yang jelas
mengenai cara pengerjaan soal |
|
|
|
|
|
|
10.
|
Rumusan pokok soal merupakan
pernyataan yang diperlukan |
|
|
|
|
|
|
11.
|
Pilihan jawaban merupakan
pernyataan yang diperlukan |
|
|
|
|
|
|
12.
|
Batasan pertanyaan dan jawaban
jelas |
|
|
|
|
|
|
13.
|
Pokok soal tidak memberi
petunjuk ke arah jawaban yang benar |
|
|
|
|
|
|
14.
|
Pokok soal tidak mengandung
pernyataan yang bersifat negatif ganda |
|
|
|
|
|
|
15.
|
Tidak ada soal yang diulang baik dari segi maksud
maupun redakasinya |
|
|
|
|
|
|
16.
|
Gambar/grafik/tabel/diagram yang digunakan pada
soal disajikan dengan jelas dan berfungsi |
|
|
|
|
|
|
17.
|
Panjang
rumusan pilihan jawaban relatif sama |
|
|
|
|
|
|
18.
|
Pilihan jawaban tidak
mengandung pernyataan “semua pilihan jawaban benar” atau “semua pilihan
jawaban salah |
|
|
|
|
|
|
19.
|
Pilihan jawaban yang berbentuk
angka atau waktu disusun menurut besar kecilnya nilai angka atau
kronologisnya |
|
|
|
|
|
|
20.
|
Hanya ada satu kunci jawaban
untuk setiap soal |
|
|
|
|
|
|
Skor Total |
|
||||||
Rerata Skor |
|
||||||
Kategori |
|
||||||
Keterangan
1
:Tidak baik
2
:Kurang Baik
3
:Baik
4
:Sangat Baik
Komentar/simpulan Validasi
|
Kota, Tanggal
Nama Validator
INSTRUMEN PENILAIAN/VALIDASI
BIDANG BAHASA
Identitas responden :
Nama validator :
Asal
instansi :
Sehubungan dengan penelitian yang kami lakukan dengan judul “..........”, maka kami meminta kesediaan Ibu meluangkan waktu untuk mengisi instrumen penilaian yang
disediakan dibawah ini, dengan cara
membubuhkan tanda checklist (√) pada salah satu kolom pilihan jawaban yang
tersedia. Adapun penjelasan pada setiap skala adalah sebagai berikut.
Validasi Penilaian Ahli Bahasa |
|||||
No |
Kriteria
Penilaian |
Skala Penilaian |
|||
1 |
2 |
3 |
4 |
||
1. |
Bahasa secara
umum yang digunakan mudah dipahami peserta didik |
|
|
|
|
2. |
Petunjuk penggunaan soal dan
cara menjawabnya dinyatakan dengan jelas |
|
|
|
|
3. |
Kesesuaian
bahasa dengan perkembangan
kognitif peserta didik |
|
|
|
|
4. |
Kesesuaian
bahasa dengan perkembangan
emosional pesertatdidik |
|
|
|
|
5. |
Kesesuaianimateri denganekaidah
tata bahasaaIndonesia |
|
|
|
|
6. |
Bahasa
memotivasi pesertaddidik |
|
|
|
|
7. |
Bahasa
mendorong pesertafdidik berfikir kritis |
|
|
|
|
8. |
Pemahaman
pesan dari setiap
detail informasi yang ada di soal |
|
|
|
|
9. |
Konsistensi huruf dan gambar |
|
|
|
|
10.
|
Bahasa yang digunakan dapat memotivasi
peserta didik |
|
|
|
|
11. |
Bahasa yang digunakan mendorong
siswa
untuk berfikir kritis |
|
|
|
|
12. |
Kalimat yang digunakan tidak ambigu |
|
|
|
|
13.
|
Semua kalimat menggunakan ejaan yang benar dengan mengacu pada PUEBI |
|
|
|
|
14. |
Pokok soal memiliki kesesuaian maksud dengan
jawaban |
|
|
|
|
15. |
Kalimat yang digunakan tidak mengandung pernyataan yang bersifat
negatif |
|
|
|
|
16. |
Pada soal yang menggunakan data, redaksi kalimat pada soalnya memiliki
kesesuaian |
|
|
|
|
17.
|
Bahasa
yang digunakan pada gambar/grafik/tabel/diagram
yang
digunakan pada soal disajikan dengan jelas dan berfungsi |
|
|
|
|
18. |
Redaksi
kalimat pada pilihan jawaban tidak menimbulkan ambiguitas |
|
|
|
|
19. |
Tidak terjadi pengulangan kalimat pada jawaban |
|
|
|
|
20.
|
Penomoran disusun dengan tepat |
|
|
|
|
Skor Total |
|
||||
Rerata Skor |
|
||||
Kategori |
|
Keterangan
1
:Tidak baik
2
:Kurang Baik
3
:Baik
4
:Sangat Baik
Komentar/simpulan Validasi
|
Kota, Tanggal
Nama Validator
Komentar
Posting Komentar
Like, comment, and share. Terimakasih 🙂🙂🙂